Master Chef

Siapa sih yang tidak kenal acara ini? Begitu banyak koki rumahan yang mencoba untuk memenangkan titel bergengsi ini sebagai ajang pembuktian diri, sebagai langkah awal menuju dunia kuliner, ataupun juga karena mengincar hadiahnya. Kebetulan kita baru pasang TV berbayar sehingga kita dapat menikmati acara Masterchef dari berbagai negara. Sejauh ini sudah ada 4 negara yang telah kita tonton, yaitu dari Amerika, Australia, Indonesia, dan Korea. Tapi sebetulnya acara ini telah diproduksi di lebih dari 40 negara. Dimulai di Inggris pada tahun 1990 oleh Franc Roddam dan sempat vakum untuk beberapa saat sebelum dihidupkan kembali pada tahun 2005 oleh BBC.

Semakin ditonton semakin kita terhanyut dan terngiler2 melihat setiap sajian yang dibuat oleh para kontestan, khususnya seri Masterchef dari Australia. Setiap hari Senin sampai Rabu, sepulang kerja, kita dinner, beres2, lalu siapin cemilan dan duduk manis pantengin TV. Acaranya menarik sekali, Masterchef Australia tak hanya menyajikan sekadar lomba masak saja, tapi juga menyajikan Masterclass yaitu kelas belajar masak bagi para kontestan dan buat kita2 di rumah yang tertarik dengan dunia masak bisa diintip2 tipsnya.

So far, kita mengelompokkan jenis acara Masterchef menjadi 2 kubu. Kubu pertama adalah Masterchef Amerika yang mengedepankan hiburan dan lomba masak yang menegangkan layaknya bertempur di medan perang. Dengan titel dan hadiah sebagai trofi kemenangannya, para peserta dituntut berjuang dengan kepercayaan diri yang tinggi, semangat dan berkorban keringat darah demi meraihnya. Menurut kita barbarian bingittsss… Seru sih untuk ditonton, tapi koq rasanya memasak itu seperti hidup atau mati. Hayoo… pilih yang mana??

Untuk negeri sendiri, Masterchef Indonesia rasa2nya masuk ke dalam kategori hiburan juga. Pernah nonton beberapa episode tapi tidak ada ketertarikan untuk nonton lebih lanjut. Sorry to say, sorotan acara terbesar bertumpu pada komentar2 juri yang sinis, galak, dan tidak bersifat konstruktif. Kan seharusnya highlight lomba memasak tuh hasil karya yang tertuang di piring, tapi makanannya tidak menginspirasi, biasa2 saja. Padahal di mata dunia, beberapa makanan Indonesia masuk ke dalam peringkat 50 besar terenak sedunia, dengan rendang dan nasi goreng di urutan pertama dan kedua (based on CNN Sept 2011). Sok atuh, tingkatkan kulinari Indonesia, buat lebih modern dan menarik.

Kubu kedua merupakan acara yang tak hanya menyajikan hiburan tapi juga meng-edukasi para penontonnya. Masterchef Australia juaranya. Sajian modern bagaikan lukisan seni bernilai tinggi dan menginspirasi, kultur budaya yang positif dan santun, serta hasil bumi Australia dipaparkan dengan apik. Dengan gayanya yang kocak dan santai, para juri menilai dan memberikan feedback terhadap masakan2 kontestan agar mereka dapat belajar untuk meningkatkan taraf masakan mereka. Menurut kami, Masterchef Australia adalah paket komplit akan sebuah acara lomba yang berbobot.

Masterchef Korea sangat mengedepankan orisinalitas masakan Korea. Bahkan boleh dikatakan lidah juri sangat susah untuk menerima flavour dari masakan negara lain. Di satu sisi, hal ini membuat para kontestan harus belajar mengenal masakan asli negaranya sendiri dan atau meng-combine budaya masakan asing dengan aroma dan teknik masak lokal. Tampaknya, either ini merupakan strategi untuk mempromosikan masakan Korea atau jurinya kurang mengenal masakan di luar negaranya sendiri.

Dari semua acara Masterchef yang telah kita tonton hingga saat ini, 2 kontestan inilah yang sangat melekat di benak dan deserve applause and thumbs up. Christine Ha, pemenang dari Masterchef Amerika season 3. Mengapa dia begitu fenomenal? Karena Christine memenangkan Masterchef dengan kekurangannya. She is blind, yet she could beat all of her opponents with her Vietnamese palette and her positive attitude.

Sumber : google
Sumber ; google

Reynold Poernomo, finalis 4 besar Masterchef Australia season 7. Memang bukan dia yang menyabet gelar juara Masterchef tetapi dessert kreasi Reynold memukau dan breath-taking, sampai juri pun terkagum-kagum dibuatnya. Dan dia baru berusia 20 tahun. Ganteng, jago masak, dan merupakan adik bungsu dari chef Arnold Poernomo (salah satu juri Masterchef di Indonesia). Ini salah satu resepnya The Forbidden Fruit.

Sumber : google
Sumber : google

Yang sedang tayang sekarang adalah Masterchef Asia yang diselenggarakan di Singapore. Ada 2 kontestan yang berasal dari Indonesia and hopefully hasil karya mereka pun tak hanya sekadar enak, tetapi spektakuler.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s